Marketing Plan
I. Executive Summary
Bayu Buana Travel Service didirikan pada tahun
1972 dan telah berkembang hingga saat ini. Bayu Buana menjadi salah satu agen
perjalanan terkemuka di Indonesia yang menawarkan solusi perjalanan yang
lengkap untuk liburan maupun perjalanan bisnis. Bayu Buana memiliki lebih dari
450 staf dan karyawan di 20 cabang diseluruh negeri. Kegiatan utama Bayu Buana
meliputi pelayanan pemesanan tiket bagi wisatawan baik domestic maupun
internasional, mengorganisir paket tur domestik dan internasional, liburan di
kapal pesiar, transportasi, booking hotel, dan program insentif yang
disesuaikan dengan permintaan perusahaan atau kelompok tertentu. Bayu Buana Travel
Services adalah anggota dari IATA & ASITA dan agen perjalanan
pertama yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.
Alasan mengapa jasa travel memiliki prospek bagus :
1. Tren traveling yang berkembang pesat di
kalangan masyarakat
2. Perkembangan sarana/prasarana untuk
transportasi yang semakin baik
3. Pariwisata yang semakin berkembang di
Indonesia
Jasa travel yang semakin berkembang pesat
mengakibatkan tingginya tingkat persaingan. Untuk menghadapi persaingan
tersebut, perusahaan travel harus berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan
meningkatkan nilai bagi para pelanggan tanpa mengurangi kualitas pelayanan jasa
tersebut.
Target pelanggan perusahaan jasa travel ini
adalah kalangan menengah keatas, yang mempunyai hobi atau ketertarikan untuk
traveling, baik ke dalam negeri maupun luar negeri. Pelanggan jasa ini masih
didominasi oleh mahasiswa dengan presentase 43%, sedangkan sisanya merupakan
masyarakat umum.
Masih luasnya pangsa pasar dan terjadinya
peningkatan permintaan telah memunculkan banyak perusahaan jasa travel yang
saling menunjukkan keunikan mereka untuk dapat menarik konsumen, yang mana hal
tersebut akan membuat bayu buana semakin sulit dalam menghadapi persaingan.
Untuk menghadapi hal tersebut, Bayu Buana membuat diferensiasi produk dengan
menawarkan paket-paket perjalanan, memberikan pelayanan reservasi hotel selama
traveling, dan program lainnya yang mengutamakan kemudahan dan kenyamanan.
Karena itu Bayu Buana lebih menargetkan jasanya kepada konsumen yang memiliki
ketertarikan atau hobi yang sama dan memiliki sensitivitas yang rendah terhadap
harga.
II. Situation Analysis
a. Analysis of the internal environment
·
Sumber
Daya Manusia
Bayu Buana memiliki
karyawan serta staf yang ramah, kreatif, dan terampil dalam menjalankan
bisnisnya. Pelayanan dilakukan secara professional, dengan pengalaman yang
dimiliki oleh Bayu Buana dalam bisnis travel selama 40 tahun yang membuat Bayu
Buana diminati dan memiliki nama baik di benak konsumen.
·
Teknologi
Teknologi sangat
penting peranannya dalam mendukung kegiatan operasional Bayu Buana. Bayu Buana
memanfaatkan teknologi internet untuk memperluas jaringannya dan menyediakan
pemesanan dan informasi tujuan secara online.
·
Keuangan
Laba yang diperoleh
Bayu Buana terus meningkat setiap tahunnya dengan dibukanya cabang-cabang baru.
Meskipun memiliki lebih dari 450 staf dan karyawan, namun Bayu Buana tidak
pernah mengalami kesulitan dalam hal pengelolaan keuangannya.
b. Analysis of the customer environment
·
Pelanggan
Konsumen dari jasa
travel kebanyakan adalah masyarakat menengah keatas. Mereka mencari jasa yang
dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam perjalanan. Bagi mereka harga
bukanlah pengaruh asal mereka bisa menikmati jasa yang diberikan sesuai dengan
apa yang mereka bayar.
·
Tren
Tren traveling yang
berkembang di kalangan masyarakat mendorong Bayu Buana untuk melakukan kegiatan
promosi secara intensif. Traveling menjadi pilihan bagi masyarakat untuk
menghilangkan penat atau stress yang terakumulasi dari kegiatannya sehari-hari.
c. Analysis of the external environment
·
Persaingan
Seiring dengan
perkembangan tren masyarakat dan industri pariwisata, persaingan dalam industri
jasa travel semakin meningkat pula. Pesaing berasal dari perusahaan jasa travel
yang sudah ada dan juga perusahaan jasa baru yang muncul dengan menirukan
konsep yang dimiliki Bayu Buana. Perusahaan jasa travel saling bersaing dengan
menawarkan harga lebih murah dibandingkan pesaingnya.
·
Ekonomi
Kondisi ekonomi yang
semakin membaik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pelilaku pembelian
jasa masyarakat. Kenaikan pendapatan perkapita masyarakat membuka peluang bagi
Bayu Buana untuk meningkatkan penjualan jasanya.
·
Sosial
budaya
Perubahan budaya
masyarakat yang tidak lagi berorientasi kepada harga melainkan kualitas yang
diperoleh membuat permintaan akan jasa travel terus meningkat setiap tahunnya.
·
Perubahan
Teknologi
Perkembangan teknologi
yang begitu pesat mendorong perusahaan jasa untuk cepat dan tanggap dalam
mengadaptasi teknologi baru agar tidak tertinggal dalam persaingan.
III. SWOT Analysis
a. Strength
·
Staff dan karyawan
yang terlatih dan terampil
·
Pelayanan yang ramah,
cepat dan mudah
·
Memiliki banyak cabang
di seluruh negeri
·
Menawarkan paket
business travel untuk perusahaan
b. Weakness
·
Tidak mudah menemukan
karyawan yang memiliki skill yang dibutuhkan serta berorientasi kepada
pelanggan.
·
Kesulitan untuk
membuat program baru sementara me-maintain program yang sudah ada.
c. Opportunities
·
Pertumbuhan permintaan
yang meningkat setiap tahunnya.
·
Tren traveling dalam
masyarakat yang berkembang pesat
·
Berkembangnya
teknologi internet
d. Threats
·
Banyak bermunculan
perusahaan jasa travel baru yang meniru konsep bayu buana
·
Isu-isu seperti
bencana alam, kecelakaan, dll, membuat masyarakat takut bepergian.
e. Analysis of the SWOT matrix
Strengths
|
Weaknesses
|
|
Opportunities
|
SO Strategy :
·
Membuat online marketing (S1,O3)
·
Networking (S3,O3)
·
Membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen (S2,O1)
|
WO Strategy :
·
Melakukan training & development
karyawan dan staff (W1,O1)
·
Menerapkan e-commerce (W2,O3)
|
Threats
|
ST Strategy :
·
Menampilkan keunggulan bayu buana dalam pelayanan (S1,T1)
·
Jaminan asuransi bagi konsumen bayu buana (S1,T2)
|
WT Strategy :
·
Melakukan iklan di berbagai media mengenai kualitas jasa yang
diberikan bayu buana (W2,T1)
|
f. Developing competitive advantages
Untuk dapat menang dalam persaingan strategi yang paling tepat
digunakan oleh Bayu Buana adalah diferensiasi karena keunggulan yang dimiliki
oleh Bayu Buana baik itu dari segi Sumber Daya Manusia, teknologi atau dari
kualitas layanan yang diberikan. Bersaing dalam harga tidak cocok bila
diterapkan oleh Bayu Buana karena hal tersebut malah akan mengganggu
pengelolaan keuangan dan kegiatan operasionalnya.
g. Developing a strategic focus
Untuk membedakan dengan para pesaing, target konsumen dari bayu
buana hanyalah kalangan menengah keatas yang tidak memiliki masalah dengan
harga jasa yang ditawarkan karena konsep bayu buana yang menekankan pada
pelayanan. Dari sini nantinya pelanggan akan bisa merasakan bahwa layanan jasa
yang diberikan oleh bayu buana sesuai dengan biaya yang harus mereka keluarkan.
3 comments:
Thx ya mas..
Udah Membantu Tugas Saya
sangat membantu untuk tugas uas saya, terimakasih mas:)
great appreciation for your help to post about this material. i've been so long confused about my task,, but by this blog, i finally get the answer and know, then understand how to solve and done my tasks really thank you ..
^o^/
Post a Comment