timtotius sembiring @ copy right. Powered by Blogger.
RSS

Cara Efektif Agar Iklan Kita Disukai Konsumen


Iklan yang disukai oleh konsumen tentunya sangatlah penting. Setiap pengiklan dan biro iklan yang menangani iklan, pasti berupaya agar iklannya disukai. Iklan yang disukai, biasanya akan sangat membantu tingkat awareness dari merek tersebut.
Iklan yang disukai juga sangat penting dalam membentuk perasaan suka terhadap merek tersebut. Bagaimana menjelaskan bahwa iklan yang disukai dapat mempengaruhi tingkat kesukaan konsumen terhadap merek tersebut ? Banyak teori yang dapat menjelaskan hal ini. Salah satunya adalah teori Classical Conditioning yang dikembangkan oleh Pavlov. Teori ini sederhana dan dikonsepkan berdasarkan suatu eksperimen sederhana pula.
Kira-kira ekperimennya adalah seperti berikut; Ada instrumen atau alat yang dapat mengeluarkan bunyi, makanan dan seekor kucing yang lapar. Setiap kali alat berbunyi, kemudian diikuti dengan pemberian makanan kepada kucing tersebut. Karena lapar, kucing akan mengeluarkan air liur melihat makanan yang diberikan kepadanya. Hal ini diulang-ulang terus menerus. Alat dibunyikan, makanan diberikan, kucing mengeluarkan air liur sebagai respon terhadap stimulus dan kemudian makan.
Setelah berkali-kali, kucing akan belajar bahwa setiap alat dibunyikan, maka makanan pasti akan diberikan. Oleh karena itu, saat alat dibunyikan, maka kucing tersebut sudah memberikan respon dan keluar air liurnya sebelum makanan diberikan.
Iklan dapat diibaratkan dengan makanan dan alat instrumen adalah merek suatu produk. Dalam hal ini, kucing diperankan oleh pemirsa. Saat pertama kali melihat suatu iklan yang disukai, pemirsa akan memberikan reaksi dalam bentuk perasaan suka dan sikap yang positif, sama seperti kucing yang memberikan respon dalam bentuk air liur. Lama kelamaan, karena suka terhadap iklan tersebut maka pemirsa akan timbul rasa suka terhadap merek tersebut. Karena itu,sangatlah penting untuk mempunyai iklan yang disukai oleh konsumen.
Hasil survei Omnibus Dwisapta 2007 menunjukan bahwa iklan Sampoerna A Mild, Lux Coca Cola, Extra Joss, Mie Sedap, La Light, Dancow, Gudang Garam, Indomie, adalah 10 iklan yang paling disukai oleh pemirsa Indonesia.
Bila melihat hasil survei tersebut, terlihat ada beberapa persamaan yang dimiliki oleh iklan-iklan tersebut. Iklan-iklan tersebut, umumnya mempunyai kreativitas yang baik, unik atau relatif berbeda dengan iklan-iklan pada umumnya, menggunakan humor atau hal-hal yang lucu dan sebagian menggunakan artis yang terkenal atau sebagian menggunakan musik.
Pertama, keunikan dari hasil suatu kreativitas jelas sangat penting. Setiap hari, pemirsa televisi dibombardir dengan ratusan iklan. Iklan-iklan yang tidak memiliki keunikan, sangatlah sulit untuk menancap dalam benak konsumen dan mempunyai peluang kecil untuk disukai.
Kedua, pengaruh talen atau artis terkenal memang luar biasa. Dapat dikatakan, iklan-iklan yang disukai tersebut, 90% menggunakan artis yang sudah sangat terkenal dan familiar buat konsumen Indonesia.
Ketiga, terlihat ada hubungan yang erat antara iklan yang disukai dan iklan yang dianggap lucu. Sama seperti konsumen di belahan dunia yang lain, orang Indonesia juga senang dengan iklan yang lucu dan penuh dengan humor. Ini memberikan pesan kepada para pengiklan agar tidak terlalu memaksakan memberikan informasi yang terlalu banyak dan menjadi iklan yang membosankan.
Keempat, yang terlihat nyata adalah bahwa iklan yang disukai adalah iklan yang mempunyai frekuensi yang tinggi atau didukung dengan budget yang tinggi. Tentunya, ini pesan yang tidak menyenangkan buat para produsen kelas menengah yang tidak mempunyai budget yang besar.
Kelima, Hal ini tidak kalah pentingnya Iklan yang disuka dan bisa menancap dibenak konsumen adalah iklan yang simple dan gampang dicerna, hal ini disesuaikan dengan pola pikir dan gaya hidup orang Indonesia yang masih berbau ketimuran.
Akhirnya, iklan yang disukai, biasanya mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pemilihan merek. Sekarang tinggal gimana kita menyikapinya ? yang jelas Iklan yang creative adalah iklan yang disuka dan bisa menjual

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment